Selasa, 05 Oktober 2010

DESA EKSOTIS PENUH MISTIS



Desa Purwojiwo merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Luas Desa Purwojiwo sekitar 460.240 ha dengan batas wilayah sebelah utara adalah Desa Wonosari. Di selatan dibatasi oleh Desa Kwadungan, sementara Desa Simbang membatasi wilayah sebelah barat. Hanya sebelah timur yang dibatasi oleh batas alam, yaitu hutan. Dengan ketinggian 1200 m dari permukaan laut, curah hujan 1100 Mm/tahun, dan suhu udara rata-rata 28ยบ Celcius, desa Purwojiwo dikenal sebagai daerah yang berudara dingin.


Sebagian besar penduduk Purwojiwo berprofesi sebagai petani dan buruh tani. Seluruh penduduknya menganut agama Islam, dan terdiri dari kurang lebih 683 KK (Kepala Keluarga). Perangkat desanya terdiri dari seorang Kepala Desa, seorang Sekretaris Desa, 4 Kepala Urusan, 7 Kepala Dusun,
Desa Purwojiwo terdiri dari tujuh dusun, yaitu Dusun Purwojiwo, Semen, Karangjinem, Tanggek Tengah, Tanggek Dhuwur, Gunung Malang, dan Grenggeng. Dari masing-masing dusun terdapat potensi dan keunikan tersendiri. Dusun Gunung Malang sebagai contoh, dusun ini terkenal dengan kondisinya yang masih kental dengan hal-hal yang berbau magis.


Pertanian di Purwojiwo mayoritas merupakan pertanian palawija dengan jagung sebagai komoditas utamanya, dengan luas lahan lebih kurang 209.932 ha. Jenis pertanian lainnya adalah kubis, kentang, dan bawang putih.
Untuk peternakan, Purwojiwo memiliki peternakan ayam kampung, domba, kambing, kelinci, bebek, sapi, kucing, anjing, dan kuda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar